Loading...

Menulis paragraf Argumentasi beserta contohnya

Paragraf argumentatif ditulis untuk membuktikan sesuatu, baik itu kejadian, peristiwa, perkara, a...



Paragraf argumentatif ditulis untuk membuktikan sesuatu, baik itu kejadian, peristiwa, perkara, atau yang lainnya. Berikut adalah ciri-ciri dan karakteristik paragraf argumentatif.

1. Memberikan penjelasan mengenai pendapat, gagasan, atau keyakinan penulis
2. Memerlukan fakta yang diperjelas dengan angka, statistik, peta, grafik, gambar, bagan, dan lain-lain, termasuk juga analisis dan sintesis
3. Menggali sumber pengalaman, penelitian, sikap, dan keyakinan.
4. Mempengaruhi pendapat atau keyakinan pembaca.
5. Menggunakan contoh, angka-angka, statistik, gambar, dan lainlain untuk membuktikan kebenaran.
6. Ditutup dengan kesimpulan.

Paragraf argumentatif dapat dikembangkan dengan pola generalisasi. Generalisasi diambil dengan didahului oleh penyajian berbagai fakta yang mendukung simpulan. Agar generalisasi itu tidak salah, hal-hal berikut harus terpenuhi.
a. Fakta, data, atau bukti yang digunakan untuk menarik kesimpulan harus representatif (memadai atau cukup) dan merupakan hal yang baik, pantas, dan layak.
b. Dalam menarik kesimpulan harus memperhitungkan adanya kekecualian sehingga kata-kata semua, setiap, tidak pernah, dan sejenisnya harus benar-benar dipertimbangkan dalam pemakaiannya.
c. Rumusan kesimpulan atau generalisasi itu harus sah/valid dan merupakan konsekuensi logis dari data, fakta, bukti yang ada

Contoh Paragraf Argumentasi

Menurunnya daya dukung lingkungan untuk menetralisir perubahan cuaca telah mengakibatkan terjadinya banjir di Kota Bengkulu. Hujan deras lebih-kurang 24 jam dua hari yang lalu telah berakibat terendamnya ribuan rumah. Beberapa pihak terkait, seperti Pemerintah Kota (PEMKOT) mengatakan bahwa banjir tersebut disebabkan tersumbatnya saluran pembuangan air, berupa siring-siring (drainase), yang berada di kelurahan dan RT-RT dalam Kota Bengkulu. Di sisi lain, kenyataan menunjukkan bahwa bukan hanya tersumbatnya saluran air, yang menjadi penyebab utama banjir dadakan ini. Akan tetapi, lebih disebabkan oleh menurunnya kualitas daya dukung lingkungan.


Bahasa Indonesia 4778240518695556851
Beranda item

IKLAN

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo