Kenapa kaki sering bergoyang saat kita duduk ?

Saat sedang duduk seringkali kita tidak menyadari kaki selalu bergerak dan bergoyang dengan sendirinya. Sampai pada akhirnya ada teguran dari orang di sebelah kita yang merasa cukup terganggu karena goyangan kaki kita. "Mas, kakinya jangan bergerak dong, tulisan saya jadi jelek dan goyang-goyang nih...." Hehehe...

Gerakan kaki saat duduk ini bisa berupa gerakan kaki yang bergoyang naik turun, mirip seperti gerakan kaki saat mengikuti irama hentakan musik yang sedang kita dengarkan. Goyangan kaki ini juga bisa berupa gerakan kaki ke arah samping. Akan tetapi gerakan terakhir ini jarang karena kebanyakan kaki yang bergerak tanpa disadari itu adalah gerakan kaki yang naik turun.

[Restless+leg+foot.gif]

Mungkin gerakan kaki inilah yang dinamakan dengan Restless Legs Syndrome (RLS), atau sindrom kaki aktif. Sindrom terhadap kaki yang bergerak. Salah satu contohnya adalah kaki yang aktif bergerak seperti menendang-nendang saat tidur. Hm..

Ada satu pertanyaan muncul, mengapa saat duduk kadang kita tidak menyadari bahwa kaki sedang bergoyang dengan irama tertentu. Kaki yang selalu bergoyang saat duduk ini bisa disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa faktor tersebut antara lain seperti uraian di bawah ini.

Pertama, gerakan kaki yang disebabkan karena adanya rasa nyaman saat kaki sedang bergerak dan bergoyang. Gerakan kaki jenis ini biasanya merupakan gerakan refleks yang terjadi secara spontan. Jadi meskipun seseorang itu disuruh berhenti agar tidak menggoyangkan kaki, namun tanpa disadari beberapa saat kemudian gerakan kaki yang bergoyang ini terjadi lagi. Gerakan kaki ini bisa terjadi kapan saja pada waktu duduk.

Kedua, gerakan kaki juga bisa disebabkan karena sifat seseorang yang tidak bisa diam saat duduk atau tidak betah berlama-lama duduk. Ya, karena memang ada beberapa orang yang menderita saat disuruh diam dan duduk dalam waktu lama. Sehingga kadang tanpa disadari kaki-kaki mereka akan bergerak dan bergoyang mulai dari tahap pelan hingga semakin keras.

Ketiga, saat dalam kondisi menunggu kadang kebosanan dan kejenuhan itu muncul. Misalnya pada saat kita duduk menunggu antrian panjang yang cukup lama, sering kita menggerakkan kaki untuk menjadi obat bosan dan membunuh rasa jenuh. Biasanya gerakan kaki ini bisa terjadi begitu keras, ketika sedang asyik bahkan kita tak menyadari kalau kaki kita sedang bergoyang... Hehe..

Keempat, kaki yang bergerak tanpa disadari ini bisa juga menjadi petunjuk bahwa seseorang itu dalam keadaan cemas, gugup, dan khawatir. Dalam kondisi seperti itu kaki yang bergerak menjadi pelarian terhadap rasa cemas, gugup dan khawatir. Stres dan pusing juga bisa menyebabkan kaki bergerak terus.

Kelima, saat mendengarkan musik seringkali kaki juga bergerak mengikuti tabuhan drum dan irama musik. Ketika kita hanyut dalam irama musik seringkali juga secara tidak sadar kaki akan bergoyang mengikuti irama lagu yang kita dengarkan.

Keenam, gerakan kaki akibat kedinginan... Hehe.. Ya, untuk membuat peredaran darah di sekitar kaki tetap lancar mengalir, maka otak mengirimkan perintah agar (otot) kaki senantiasa bergerak.

Itu adalah sebagian dari analisa saya pribadi terhadap mereka yang senantiasa menggoyangkan kaki saat duduk. Mungkin anda bisa memberikan tambahan atau sanggahan.

Kaki-kaki yang bergerak secara tidak disadari ini (seharusnya) bisa menghasilkan uang tambahan... Hehe.. Coba mereka diberi mesin jahit manual yang digerakkan oleh kaki...... Hehe...

Diambil dari : Anangku.blogspot.com


Bukankaosbiasa

Jumat, 26 Agustus 2011

Poskan Komentar