Loading...

Menulis Paragraf Deskriptif beserta Contohnya

Menulis Paragraf Deskriptif | Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari materi tentang paragraf naratif. Masih ingatkah kamu, ap...

Menulis Paragraf Deskriptif | Pada pembelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari materi tentang paragraf naratif. Masih ingatkah kamu, apa yang dimaksud dengan paragraf? Bagaimana karakteristik sebuah paragraf? Coba buka kembali materi pelajaran yang membahas tentang paragraf. Pada pelajaran kali ini kamu akan mempelajari materi tentang paragraf deskriptif. Jika paragraf naratif merupakan paragraf yang mengisahkan suatu peristiwa atau kejadian, menggambarkan tempat dan urutan waktu. Sedangkan paragraf deskriptif merupakan paragraf yang menggambarkan sesuatu dengan jelas sehingga pembaca seolah-olah menyatakan atau mengalami sendiri hal atau peristiwa yang digambarkan.

Paragraf deskriptif dapat pula disebut paragraf pemerian karena paragraf tersebut bertalian dengan usaha untuk memberikan perincian-perincian dari objek yang sedang dibicarakan atau diamati. Oleh karena itu sangat tepat jika paragraf deskriptif selalu digunakan untuk menggambarkan objek-objek hasil observasi.

Jika penulis paragraf deskriptif bermaksud untuk memberikan pengalaman pada diri pembaca sehingga pembaca dapat memberikan kesan dan interpretasi terhadap objek tersebut, paragraf tersebut tergolong deskripsi sugestif. Jika penulis paragraf bertujuan untuk memberikan informasi tentang objek tertentu sehingga pembaca dapat mengenalnya, paragraf tersebut merupakan deskripsi teknis atau ekspositoris.

Berdasarkan hal tersebut, karakteristik paragraf deskriptif adalah sebagai berikut.

a. Berupa pemerian objek tertentu.
b. Objek yang dideskripsikan bersifat faktual.
c. Sifat-sifat objek yang dideskripsikan jelas.
d. Bertujuan memberikan pengalaman pada pembaca.
e. Memberikan sugesti pada pembaca sehingga pembaca memiliki kesan atau interpretasi tertentu

Contoh Paragraf Deskriptif :

Barangkali pembaca mengenal bintang Antares, yaitu bintang yang paling terang di rasi Scorpio, warna bintang ini kemerah-merahan. Antares adalah sebuah bintang raksasa, jari-jarinya 300 kali jarijari matahari (atau 200 juta kilometer). Andaikan matahari memuai sebesar itu, planet-planet Merkurius, Venus, dan Bumi akan "tertelan" oleh matahari. Demikian besar bintang Antares tersebut, tetapi materi bintang ini renggang sekali, rata-rata hanya mengandung materi sebanyak 0,0001 gram setiap cm3-nya.

Disalin dari Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas X oleh Kastam Syamsi, Anwar Efendi


Bahasa Indonesia 6116679074097353127
Beranda item

IKLAN

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo