Loading...

Memperkenalkan Diri dan Orang Lain dalam Forum Resmi (beserta contohnya)

Kamu tentu pernah melihat diskusi atau kegiatan bertukar pikiran dalam sebuah forum resmi atau bahkan kamu pernah mengikuti kegiatan yang di...

Kamu tentu pernah melihat diskusi atau kegiatan bertukar pikiran dalam sebuah forum resmi atau bahkan kamu pernah mengikuti kegiatan yang diadakan dalam forum resmi. Dalam kegiatan bertukar pikiran di forum resmi, tentulah ada moderator yang tugasnya adalah memimpin, mengendalikan, serta memandu jalannya pertukaran pikiran antara pembicara dengan peserta sehingga kegiatan bertukar pikiran akan berjalan dengan teratur. Selain itu seorang moderator juga memperkenalkan diri dan pembicara, mengatur pembagian waktu bicara serta membuat ringkasan hasil pembicaraan.

Sebelum memandu acara, seorang moderator akan memulai dengan memperkenalkan diri sebagai pihak yang akan memandu acara serta sekilas tentang identitas diri yang diperlukan sesuai dengan situasi dan kondisi. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memperkenalkan diri dalam forum resmi. Pertama, jangan sampai muncul kesan menyombongkan diri. Kedua, jangan menghabiskan waktu terlalu lama saat memperkenalkan diri. Sama halnya dengan memperkenalkan diri, pada saat memperkenalkan orang lain (pembicara) dalam forum resmi juga perlu disebutkan identitas dan beberapa hal yang dibutuhkan. Berikut ini adalah hal-hal yang umumnya disebutkan dalam memperkenalkan orang lain (pembicara).

a) Nama lengkap termasuk juga gelar.
b) Tempat dan tanggal lahir.
c) Alamat asal dan alamat tempat tinggal.
d) Pekerjaan dan atau jabatan.
e) Pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan atau jabatan.
f) Informasi yang dianggap sesuai dengan kebutuhan dan situasi.

Biasanya identitas ini didapat dari seorang (pembicara) dengan cara memberikan blanko biodata untuk diisi terlebih dahulu atau bisa juga diperoleh dengan cara bertanya. Untuk memperkenalkan seorang pembicara dalam forum resmi, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, lakukan perkenalan dengan sungguhsungguh, penuh khidmat, dan hindari suara yang bernada sinis. Kedua, lakukan dengan wajar dan tidak berlebihan. Ketiga, bisa diselingi dengan rasa humor dalam batas yang wajar. Keempat, jangan menghabiskan terlalu banyak waktu hanya untuk perkenalan waktu saja. Kelima, upayakan volume suara jelas terdengar serta berilah tekanan pada kata-kata yang perlu. Misalnya saat menyebutkan nama, judul atau topik pembicaraan dan informasi tentang pengalaman pembicara yang relevan denga topik yang dibicarakan. Selain itu tempatkan jeda yang tepat dalam mengungkapkan kalimat.

Contoh

Assalamualaikum warrohmatullahi wabarakatuh. Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua. Alhamdullilahhirabbil alamin, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat dan acara yang sama dalam keadaan sehat walafiat. Amin amin ya rabbal alamin. Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak, Ibu, teman-teman, tamu undangan yang telah hadir serta pihak panitia yang masih percaya pada saya untuk memandu kegiatan seminar sehari dengan tema "Pentingnya Memahami Bahaya Narkoba."

Singkat kata, perkenalkan nama saya Alfitriana Mufida atau biasa dipanggil dengan nama Alfi. Saat ini saya duduk di kelas X6 dan juga tergabung dalam kepengurusan bidang penalaran OSIS SMAN 1 Malang. Mengalir seperti air yang menjadi motto hidup saya dan tidak berbeda dengan teman-teman yang lain, saya selalu ingin menjadi pelajar yang baik untuk selalu berusaha menyakinkan diri untuk bisa mengucapkan say no to drug.


Disalin dari Buku Sekolah Elektronik Bahasa Indonesia Kelas X oleh Kastam Syamsi, Anwar Efendi


Bahasa Indonesia 3641734226783875676
Beranda item

IKLAN

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo