Loading...

Dampak Pemanasan Global

Dampak Pemanasan Global | Pemanasan global seakan menjadi sesuatu yang sedang ramai diperbincangkan, hal in karena pemanasan global adalah ...

Dampak Pemanasan Global | Pemanasan global seakan menjadi sesuatu yang sedang ramai diperbincangkan, hal in karena pemanasan global adalah masalah iklim dan lingkungan yang paling besar yang sedang terjadi di planet ini.

dampak pemanasan global

Berikut ini adalah beberapa dampak dari pemanasan global.

1. Naiknya permukaan air laut
Saat lapisan atmosfer mengalami kenaikan suhu maka permukaan air laut pun akan meningkat suhunya. Hal ini mengakibatkan volume air meningkat dan tinggi permukaan air laut pun akan bertambah.Perubahan tinggi muka laut akan sangat mempengaruhi kehidupan di daerah pantai. Kenaikan permukaan air laut akan menenggelamkan beberapa daerah di muka bumi misalnya Belanda dan Bangladesh.

2. Perubahan Cuaca yang ekstrim
Perubahan cuaca secara ekstrim adalah salah satu akibat dari pemanasan Global. Daerah belahan Bumi Utara akan lebih panas dari daerah-daerah lain di bumi. Gunung-gunung es akan mencair dan daerah daratan pada wilayah ini akan mengecil. Akan lebih sedikit es yang terapung di perairan Utara tersebut. Daerah-daerah yang sebelumnya mengalami salju ringan, mungkin tidak akan mengalaminya lagi. Pada pegunungan di daerah subtropis, bagian yang ditutupi salju akan semakin sedikit serta akan lebih cepat mencair. Temperatur pada siang akan sangat kontras dengan temperatur pada malam hari.

3. Suhu global cenderung meningkat
Orang mungkin beranggapan bahwa Bumi yang hangat akan menghasilkan lebih banyak makanan dari sebelumnya, tetapi hal ini sebenarnya tidak sama di beberapa tempat. Bagian Selatan Kanada, sebagai contoh, mungkin akan mendapat keuntungan dari lebih tingginya curah hujan dan lebih lamanya masa tanam. Di lain pihak, lahan pertanian tropis semi kering di beberapa bagian Afrika mungkin tidak dapat tumbuh. Daerah pertanian gurun yang menggunakan air irigasi dari gunung-gunung yang jauh dapat menderita jika snowpack (kumpulan salju) musim dingin, yang berfungsi sebagai reservoir alami, akan mencair sebelum puncak bulan-bulan masa tanam. Tanaman pangan dan hutan dapat mengalami serangan serangga dan penyakit yang lebih hebat.

4. Gangguan ekologis
Hewan dan tumbuhan menjadi makhluk hidup yang sulit menghindar dari efek pemanasan ini karena sebagian besar lahan telah dikuasai manusia. Dalam pemanasan global, hewan cenderung untuk bermigrasi ke arah kutub atau ke atas pegunungan. Tumbuhan akan mengubah arah pertumbuhannya, mencari daerah baru karena habitat lamanya menjadi terlalu hangat. Akan tetapi, pembangunan manusia akan menghalangi perpindahan ini. Spesies-spesies yang bermigrasi ke utara atau selatan yang terhalangi oleh kota-kota atau lahan-lahan pertanian mungkin akan mati. Beberapa tipe spesies yang tidak mampu secara cepat berpindah menuju kutub mungkin juga akan musnah.

Materi diambil dari Wikipedia


Umum 3277038974419023276
Beranda item

IKLAN

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo