Loading...

Perbedaan Layar LCD, LED, dan OLED

Saat membeli monitor pasti kita akan diberikan banyak pilihan, untuk urusan Layar saja ada pilihan LED atau LCD. Nah disini ada perbedaan an...

Saat membeli monitor pasti kita akan diberikan banyak pilihan, untuk urusan Layar saja ada pilihan LED atau LCD. Nah disini ada perbedaan antara type layar LCD dengan LED dan OLED.

http://1.bp.blogspot.com/_AOR3OXlhF5E/TAmtldZ8J4I/AAAAAAAAAwE/OQC-memoCE0/s1600/samsung_r87_lcd_hd_tv.jpg

Untuk lebih jelasnya tentang LCD dan LED adalah sebagai berikut:

LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Dysplay. Merupakan teknologi paling populer yang paling sering kita temui dalam perangkat sehari-hari seperti yang dipakai di TV, ponsel, dan juga monitor komputer layar datar. Monitor jenis ini displaynya memakai lampu latar (Liquid Crystal) untuk menampilkan gambar dari layar kristalnya. Namun sesungguhnya LCD tidaklah menyajikan image dengan kualitas terbaik. Sebuah layar LCD tidak dapat menghasilkan cahaya, karenanya dia membutuhkan sebuah sumber cahaya yang bisa diletakkan didepan, disamping, atau dibelakang. Sumber cahaya dari belakang diberi istilah “backlight”.

LED adalah LCD dengan tambahan backlight Light Emitting Diodes (LED) mempunyai keunggulan dalam menampilkan warna yang jauh lebih banyak dibandingkan teknologi LCD (standart) dan menghasilkan tampilan yang menyerupai warna aslinya. Seperti lampu samping mobil mobil tipe baru dimana sumber cahayanya tidak lagi berasal dari satu lampu pijar saja tapi terdiri dari dioda-dioda bersinar dalam jumlah banyak. Karena sumber cahayanya lebih banyak dan tersebar, LED backlight menjanjikan pencahayaan yang lebih merata diseluruh permukaan display.

LED menghasilkan cahaya putih yang lebih “putih”. Ini akan menghasilkan warna warna yang lebih cemerlang dibanding fluorescent backlight. Kualitas dan warna gambar yang dihasilkan jauh lebih hidup dan cocok untuk design grafis. Selain itu LED juga menghemat energy 40 persen dibandingkan dengan televisi LCD dengan ukuran yang sama, Bebas merkuri dengan desainnya yang tipis, dan disertai bobot yang lebih ringan separuh dari LCD.

Teknologi LED ini lebih mahal daripada LCD karena memang kualitas gambar lebih baik dari LCD. Gambar tidak akan redup / berubah walaupun dilihan dari sudut manapun.

Sedangkan OLED adalah Organic Light Emiting Dioda. keunggulannya tidak perlu lagi lampu latar untuk menampilkan gambar, karena LED punya cahaya sendiri, sehingga monitornya jadi lebih tipis dan bisa dibuat elastis. gambar dan warna juga lebih jernih dan tajam. cuma kabarnya ketahanan dari OLED ini lebih pendek dari LCD.

Sumber : Ilmugrafis.com


Beranda item

IKLAN

Popular Posts

Random Posts

Flickr Photo